Review Sony Xperia Z4: Tanggal Rilis, Berita, Harga, Spesifikasi dan Rumornya

Advertisement

Pada waktu lalu, Sony Xperia Z3 mampu meraih peringkat terbaik sebagai salah satu ponsel Android terbaik di dunia. Kami memang sangat menyukai smartphone tersebut, dan prospek dari Sony Xperia Z4 menjulang di cakrawala membuat kami pusing untuk memilih ponsel mana yang terbaik di antara keduanya.

Namun, cakrawala yang baru saja pindah sedikit lebih jauh ketika kita belajar bahwa Xperia Z4 tidak akan ditampilkan pada MWC (Mobile World Congress) 2015. Hanya saja, Xperia Z4 ini mengalami peningkatan desain dari generasi sebelumnya, yang membuatnya lebih menawan dan memikat para peminatnya.

Berita tentang Sony Xperia Z4

Kali ini kami menampilkan perbandingan kerangka Xperia Z4 bersama Xperia Z3 yang ditumpuk jadi satu. Lihat di bawah di mengenai desain Xperia Z4 vs Xperia Z3.

Terdengar kabar baik mengenai Sony Xperia Z4 bahwa jenis layar yang digunakan ialah Snapdragon 810 dengan prosesor yang digunakan seperti chipset, dan benchmark juga menunjukkan Xperia Z4 menyediakan kapasitas RAM yang lebih besar, yakni sebesar 3 GB RAM. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat tabel di bawah ini:

Mengenai hasil, perangkat ini mendapatkan skor sebesar 1196 untuk peforma/kinerja berkategori single-core dan skor sebesar 3576 untuk kategori multi-core. Untuk memberikan beberapa konteks, Xperia Z4 ini memang lebih baik dari smartphone manapun saat ini yang terangkum di daftar benchmark (yang hanya mencakup perilisan perangkat).

Namun, jejak Xperia Z4 masih jauh di belakang dibandingkan skor Galaxy S6, yang mana skor sebesar 1.520 untuk single-core dan 5478 untuk kinerja multi-core dengan harapan skor sebesar 7420 untuk Exynos chipset. Untuk lebih jelasnya, silakan simak video berikut:

Tanggal rilisnya smartphone Sony Xperia Z4

Sebenarnya kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak MWC bahwa tidak akan ada ditampilkan terkait perilisan ponsel Xperia Z4 tersebut. Hal ini membuat kabar perilisan Xperia Z4 masih mengambang di udara atau tidak dapat dipastikan secara jelas. Kita hanya bisa berasumsi bahwa Sony juga tidak ingin bersaing dengan pengumuman Galaxy S6 dan HTC One (M9) secara bersamaan di MWC 2015, namun penundaan ini juga bisa berarti bahwa perangkat Z4 hanya belum siap pada waktu peluncurannyanya.

Dalam kasus apapun, hal itu tidak boleh terlalu lama lagi sampai kita melihat Xperia Z4 meluncurkannya ke publik.

Pada waktu lalu, Sony Xperia Z dirilis pada bulan Februari 2013, disusul dengan peluncuran Xperia Z2 yang menyusul setahun kemudian tepatnya pada bulan Maret 2014. Pihak Sony sebelumnya telah menyatakan bahwa pihaknya ingin mengalahkan siklus rilis tahunan dari kebanyakan produsen yang telah ditetapkan untuk handset andalan mereka dan bukannya membebaskan mereka. Itulah alasan mereka mengapa Xperia Z3 mendarat di musim gugur ke telinga publik dunia.

Ide ini tampaknya telah diabaikan sekarang, dan kami berpikir bahwa Xperia Z4 akan menjadi satu-satunya unggulan yang dirilis oleh Sony tahun depan. Jadi di sini kami berharap Xperia menghasilkan lebih dari soal upgrade saja atas Xperia Z3.

Semua ini berarti untuk tanggal rilis Xperia Z4 dapat terwujud sekitar bulan April/Mei di sebuah acara Sony independen. Setelah menyampaikan semua ini, email baru-baru ini mulai membocorkan rumor terkait Sony Pictures yang secara khusus menyatakan tanggal yang direncanakan untuk perilisan ialah Mei/November untuk Xperia Z4.

Tampaknya, hal ini mengacu pada peluncuran Xperia Z4 yang berukuran penuh pada bulan Mei 2015 dan tanggal perilisan Sony Xperia Z4 Compact pada bulan November 2015.

Desain dari Sony Xperia Z4

Kami mengutip dari Future Supplier bahwa terdapat perbedaan yang lumayan banyak pada gambar frame Xperia Z4 bersama Xperia Z3. Pada gambar berikut menunjukkan bahwa perubahan besar di Omnibalance desain Sony yang tidak melihat persis pada Xperia Z4.

Anda dapat melihat pada bagian port USB Xperia Z3 telah dipindahkan dan dermaga magnetiknya pun hilang.
Slot kartu microSD pada Xperia Z4 tampaknya hilang
Port USB bottom-mount mikro dari Xperia Z4 juga memiliki perbedaan dari Xperia Z3

Tampilan kedua ponsel yang terlihat pada gambar di atas memiliki perbedaan yang sangat sedikit. Hanya beberapa bagian dari desain Xperia Z4 yang diubah dan penempatan Port USB yang dipindahkan ke bagian lain atau pun dihilangkan.

Xperia Z4 tampak memiliki tampilan pada fitur jam yang baru, layar warna yang adaptif dan panel belakang yang menarik.
Detail pada bagian besel Xperia Z4 menampilkan jenis kaca yang menggunakan super angular glass-backed

Harga Sony Xperia Z4

Sony Xperia Z dikenal sebagai ponsel yang memiliki bahan dan hardware premium. Xperia Z3 dilengkapi dengan kaca dari aluminium housing, kamera 20 MP, quad-core Snapdragon 801 prosesor, luas layar 5.2 inci Full HD, kapasitas RAM 3 GB. dan juga tahan air. Sedangkan Xperia Z4 setidaknya lebih kuat dari Z3, sehingga Anda terpaksa merogoh kocek yang lebih dalam ketika ponsel itu berada di tangan Anda seutuhnya.

Harga Sony Xperia Z4 diperkirakan melambung jauh di atas Xperia Z3, yaitu berkisar antara Rp8 juta – Rp9 juta ke atas. Saat ini, Sony Xperia Z4 telah tersedia di situs e-commerce dunia Amazon.co.uk yang dibanderol dengan harga 479 GBP atau sekitar Rp9,6 Juta atau sekitar $600 USD.

Display Sony Xperia Z4

Pada waktu sebelumnya, Sony telah menyatakan bahwa ia tidak percaya lagi pada teknologi QHD karena masa pakai baterai yang trade-off. Dan rumor yang bocor baru-baru ini bahwa Sony telah berspekulasi akan mendatangkan Xperia Z4 dalam dua versi, yaitu satu dengan layar QHD dan satunya dengan layar Full HD.

Dikutip dari berita ePrice.com yang menyatakan bahwa Xperia Z4 versi layar QHD akan dirilis hanya di US saja. Ini memang sebuah gagasan yang menarik dan salah satu yang tampaknya kredibel.

Sony perlu melakukan sesuatu untuk meningkatkan penjualan smartphone yang tergolong kurang mumpuni, dan dengan “resolusi layar” yang bisa dibilang aspek terbesar pemasaran smartphone/tablet di area Barat. Mungkin tindakan kurang pintar bagi Sony yang tetap mengusung full-HD hanya untuk andalan barunya.

Dan juga ada beberapa catatan dari ePrice bahwa kamera depan Xperia Z4 ternyata akan menjadi peningkatan yang signifikan dari perangkat Xperia Z generasi sebelumnya (jika hanya Sony yang bisa memperbaiki representasi fitur red-hue pada kamera utama).

Akankah Xperia hadir dalam versi QHD dan Full-HD?

Rumor lain tentang bocornya dokumen internal dari Sony telah memukul media internet akhir tahun lalu via Phonearena yang mengaku bersumber yang sama (situs teknologi toranji.ir), yang mana secara akurat mengungkapkan tentang skema iPhone 6 sebelumnya. Gambar yang bocor tidak hanya menyarankan layar QHD 5.2 inci, tetapi juga 3 GB RAM, prosesor Snapdragon 805 dan Android 5.0 Lollipop. Lihatlah apa yang kita bicarakan di bawah ini.

Gambar di atas merupakan salah satu slide presentasi yang bocor yang diyakini menggambarkan Xperia Z4.
Melihat dari dekat sebuah gambar yang mengungkapkan kemungkinan spesifikasi internal dari Xperia Z4.

Rumor ini yang ditampilkan berdasarkan gambar di atas memang terlihat agak mencurigakan. Pertama, kita tidak yakin mengapa teks pada gambar yang terlihat samar tersebut mengatakan Android 5.1 Lollipop. Padahal dalam gambar itu jelas tertulis “5.0”. Teks itu dalam bahasa Inggris meskipun tornaji.ir menulis dalam bahasa Persia – kita tidak tahu itu ditulis oleh siapa. Kedua, gambar di atas seolah menyerang kita dalam slide aneh untuk presentasi internal: apa fungsinya? Teks di kiri atas nyaris tak terlihat.

Terakhir, dengan Snapdragon 810 yang tiba sesuai jadwal (dapat ditemukan segera saat dirilis LG G Flex 2). Ini mungkin akan menjadi prosesor yang sama pada peluncuran Z4.

Baru-baru ini rumor lain datang dari sebuah blog futuresupplier.com yang menyatakan bahwa Xperia Z4 mengusung LCD digitizer. Apa itu “digitizer”?

Bagi Anda yang belum mengetahui istilah tersebut, digitizer adalah lembar kaca yang menutupi layar smartphone dan menerjemahkan gesekan dan penekanan layar ke dalam informasi digital (yakni memberitahu kapan dan bagaimana cara yang benar ketika menyentuh layar ponsel). Dari sini kita bisa mendapatkan kesan mengenai tampilan bagian depan ponsel Xperia Z4 akan terlihat.

Seperti yang dapat Anda lihat dari gambar di atas, Xperia Z4 tampak memiliki ukuran layar yang sama dengan yang ada pada Z3. Di bagian speaker telah dipindahkan dari atas-tengah ke kanan atas handset, sedangkan lampu flash kamera dan sensor jarak telah bertukar posisi. Speaker di bagian bawah layar juga tidak tampak jelas pada digitizer Z4.

Layar pada Xperia Z4 tampaknya telah mengadopsi estetika desain yang sangat mirip dengan Xperia Z3.

Kami benar-benar tidak tahu sama sekali maksud dari FutureSupplier, dan ia pun tidak banyak bicara tentang kredibilitasnya. Jika Sony berjalan dengan desain di atas, nampaknya Sony akan menerapkan versi layar QHD, mengingat tidak menjadi suatu perubahan yang signifikan soal dimensi layar (meskipun 5.2 inci tampaknya sangat kecil untuk versi layar qHD).

Spesifikasi Sony Xperia Z4

Android Origin sebelumnya telah berspekulasi bahwa tampilan layar QHD 5,5 inci (2560 x 1440) akan muncul pada smartphone Xperia Z4. Selebihnya, ia mengungkapkan bahwa spesifikasi yang kompatibel ialah 64-bit dengan Quad-Core Snapdragon 810, kapasitas RAM sebesar 4 GB, dan 32 GB sebagai model dasar untuk penyimpanan internal.

Ponsel berkategori 6 LTE (kecepatan download hingga 300 Mbps) dan Bluetooth 4.1 yang diberikan, tapi salah satu alasan paling menarik adalah bahwa Xperia Z4 mungkin disematkan amplifier untuk speaker, menciptakan pengalaman audio seperti HTC BoomSound.

Keunggulan kamera Sony Xperia Z4

Dalam siaran pers yang ditemukan di sony.net, bahwa Sony telah mengumumkan terkait sensor kamera yang disematkan untuk smartphone barunya ini, yaitu menggunakan Exmor RS IMX230, yang diklaim sebagai industri pertama “Stacked CMOS Image Sensor dengan Image Plane Phase Detection Signal Processing Function for High-Speed AF“. Autofocus yang berkecepatan tinggi memungkinkan setiap objek bergerak dalam gambar Anda akan menghasilkan gambar yang sangat jelas).

Sensor kamera terbaru sebesar 21 MP jelas memberikan kinerja yang lebih baik dalam mode HDR, dan juga tingkat detail yang lebih tinggi pada saat mode video HD. Mampu merekam pada 30 FPS dengan resolusi 4K (4096 x 2160), sensor gambar CMOS yang menghasilkan hasil gambar video lebih tajam seperti proses memotret foto secara normal. Untuk lebih jelasnya, silakan cek gambar berikut:

Sensor kamera mendukung 192 poin autofocus yang berbeda, mengurangi kebisingan dan meningkatkan detil gambar dengan margin yang signifikan. Berdasarkan rumor unggulan kami miliki sejauh ini, sepertinya Sony akan memimpin dalam hal teknologi kamera pada tahun 2015.

Sebelumnya kami telah melihat bocoran dokumen dari Sony di sonyalpharumors.com yang menunjukkan bahwa Sony memproduksi produk yang berbeda, tapi yang lebih mengesankan lagi terletak pada sensor gambar yang diusungnya.

Dunia sensor pertama dengan sampel piksel warna aktif (APC) yang terungkap bahwa Sony memproduksi sensor 1,5 inci dengan 4,8 juta piksel, yang tampaknya tidak begitu mengesankan sampai Anda menganggap bahwa setiap piksel dikatakan mampu membawa informasi RGBG penuh berkat teknologi baru Sony tersebut. Pada dasarnya, ini berarti bahwa 1 piksel yang dihasilkan oleh sensor kamera produksi Sony ini dapat melakukan pekerjaan yang setara dengan 4 piksel pada sensor biasa.

Selain itu, hal ini berarti bahwa rentangnya lebih tinggi dan dinamis, proses lebih cepat, lebih low-noise, tidak perlu anti-aliasing. Dan sebagai sebuah rana global elektronik yang mampu merekam video 2K di 16.000 FPS, dan 21 MP merupakan jumlah mega-pixel yang membentang jauh melampaui saat sensor normal saat ini.

Sebenarnya hal ini masih sangat mungkin bahwa sensor ini di bawah pengembangan Sony, tapi mungkin hanya untuk kamera digital, bukan untuk smartphone.

Dari ulasan kami di atas, kami juga merangkum spesifikasi Sony Xperia Z4 dalam bentuk tabel untuk memudahkan Anda meninjau pernak-pernkik yang diusung dalam ponsel pintar ini. Berikut ulasannya:

Spesifikasi Lengkap Sony Xperia Z4

Network Technology GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G bands LTE 700/800/850/900/1700/1800/1900/2100/2600
(Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 13, 17, 20)
LTE 700/800/850/900/1700/1800/1900/2100/2600
(Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 17, 20)
LTE 700 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
(Bands 1, 3, 5, 7, 8, 28, 40)
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
GPRS Up to 107 kbps
EDGE Up to 296 kbps
Launch Announced Exp. announcement 2015, Q1
Status Rumored. Exp. release 2015, Q2
Body Dimensions
Weight
SIM Nano-SIM
– IP68 certified – dust proof and water resistant over 1 meter and 30 minutes
Display Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Size 5.2 inches (~70.9% screen-to-body ratio)
Resolution 2560 x 1440 pixels (~565 ppi pixel density)
Multitouch Yes, up to 10 fingers
Protection Shatter proof glass
– Triluminos display
– X-Reality Engine
Platform OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2 GHz Cortex-A57
GPU Adreno 430
Memory Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 32/64 GB, 4 GB RAM
Camera Primary 20.7 MP, 5248 Ñ… 3936 pixels, autofocus, LED flash
Features 1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR
Secondary 5 MP, 1080p@30fps
Sound Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm jack Yes
Comms WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, apt-X
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
NFC Yes
Radio FM radio with RDS
USB microUSB v2.0 (MHL 3 TV-out), USB Host
Features Sensors Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
Browser HTML5
Java Yes, via Java MIDP emulator
– Fast battery charging: 60% in 30 min (Quick Charge 2.0)
– ANT+ support
– Active noise cancellation with dedicated mic
– Xvid/MP4/H.264 player
– MP3/eAAC+/WAV/Flac player
– Document viewer
– Photo/video editor
Battery Non-removable Li-Ion battery
Stand-by
Talk time
Misc Colors Black, White

Selain mengulas spesifikasi lengkap Xperia Z4 di atas, kami juga memaparkan tentang kelebihan dan kekurangan dari smartphone Xperia Z4 ini. Selengkapnya simak ulasan berikut:

Kelebihan Sony Xperia Z4:

  1. Prosesor Octa Core versi terbaru dari Qualcomm dengan kecepatan empat CPU pertama 1.5 Ghz dan empat CPU kedua 2 Ghz.
  2. RAM 4 GB sangat luas sehingga akan Sony Xperia Z4 tentu saja tidak akan mengalami banyak masalah jika menjalankan banyak aplikasi sekaligus.
  3. Layar Full HD dengan tipe IPS FHD atau QHD.
  4. GPU terbaru dari Adreno yaitu seri 430.
  5. Kamera utama sangat berkualitas, dari review yang dibagikan melalui bocoran mengatakan kamera pada Sony Xperia Z4 memiliki kualitas terbaik dari smartphone dunia yang saat ini ada dipasaran.
  6. Kamera depan untuk selfie juga memiliki kualitas baik yaitu 5 MP, jadi cocok bagi anda yang doyan selfie.
  7. Fitur MHL 3 TV Out untuk kebutuhan ponsel tersambung dengan televisi anda, hampir sama dengan versi Samsung terbaru.
  8. Anti air dan debu dengan sertifikat IP68 mampu bertahan dibawah kedalaman air 1 meter.

Kekurangan Sony Xperia Z4:

  1. Jaringan LTE belum tersedia luas di tanah air sehingga tidak terlalu maksimal meskipun ponsel memiliki jaringan mentok hingga 4G.
  2. Harga tergolong mahal, namun ini sangat wajar mengingat spesifikasi yang diusung memang luar biasa.

Setelah menyimak ulasan kami mengenai berbagai sudut pandang dari Xperia Z4, nah sekarang apakah Anda tertarik untuk memilikinya? 🙂

  • kerusakan hp sony z ultra layar redup
  • kartu sim berasal dari sumber tidak dikenal bb z10
  • sony zr lampu lcd mati
Advertisement
Review Sony Xperia Z4: Tanggal Rilis, Berita, Harga, Spesifikasi dan Rumornya | admin | 4.5