Menginstal Android 4.4 KitKat Home Launcher Pada Samsung Galaxy S3

Advertisement

Android 4.4 KitKat merupakan operasi sistem android terbaru, di mana hampir semua fitur yang ada telah diimprove atau ditingkatkan dari sistem android versi sebelumnya. Pada Samsung Galaxy S3 yang hanya mengusung sistem Android ICS (Ice Cream Sandwich) yang masih kalah dengan smartphone Nexus 5 besutan Google.

Permasalahan yang mendasar yang ada pada Samsung Galaxy Series ini sebenarnya terletak pada OS nya saja -salah satunya-, di mana OS yang digunakan dapat dikatakan ‘masih agak jadul’. Faktanya bisa dilihat dari beberapa smartphone Samsung versi sebelumnya, di mana rata-rata vendor smartphone terkenal lainnya telah mengusung OS Android Jelly Bean pada waktu itu, sedangkan Samsung masih menggunakan OS Android Ice Cream Sandwich.

image source: gs3.wonderhowto.com

Nah, jangankan mau mengusung OS Android Kitkat, sedangkan OS Android Jelly Bean aja masih belum digunakan. Memang ini menjadi salah satu permasalahan kecil yang ada pada Samsung Galaxy Series.

Kini, Samsung Galaxy android series -terutama Samsung Galaxy S3- sudah bisa menginstal Home Launcher dari OS Android 4.4 KitKat, di mana memiliki tampilan layar awal terbaru dari sebelumnya, tampilan pencarian Google terbaru, dan menggabungkan hands-free pada lebih banyak fitur yang ada pada perangkat.

Artikel terkait: Kenali keunggulan fitur OS Android KitKat dari A sampai Z.

Nah, kali ini saya akan menjelaskan dari informasi yang saya dapatkan dari panduan softModder terkait cara menginstal OS Android KitKat pada Samsung Galaxy S3. Berikut langkah-langkahnya:

#1: Download file utama sebagai pendukung launcher ke perangkat

Pada step pertama ini, ada tiga file utama yang akan Anda butuhkan agar launcher dapat dioperasikan di sistem perangkat smartphone. Sebenarnya, ketiga file utama tersebut merupakan fitur standar Android, hanya namanya saja yang berbeda-beda.

  • PreBuiltGmsCore.apk (Download di Google Play Store)
  • Velvet.apk (Google Search)
  • GoogleHome.apk (Launcher)

Ketiga file di atas bisa Anda download di link ini: http://d-h.st/f6b.

Ketiga file tersebut telah dikemas menjadi satu file dalam bentuk zip, sehingga Anda lebih mudah mendapatkannya serta tidak mendownload ketiga file tersebut satu per satu di situs yang berbeda.

Setelah berhasil di download, pindahkan ketiga file tersebut ke komputer/PC Anda, kemudian pindahkan ketiga file tersebut ke ponsel Samsung Galaxy S3 Anda melalui kabel USB yang telah dihubungkan ke PC.

#2: Aktifkan fitur “Unknown Sources”

Fungsi dari mengaktifkan fitur “Unknown Sources” pada perangkat adalah dikarenakan ketiga file yang telah Anda download tersebut bukan file yang berasal dari Google Play. Maka, dengan mengaktifkan fitur ini secara otomatis mengizinkan instalasi aplikasi luar ke perangkat Anda.

Untuk mengaktifkan fitur “Unknown Sources”, silakan buka menu Settings > Security -> Device Admin, dan pastikan centang pada bagian kotak kecil Unknown sources.

#3: Menginstal KitKat Launcher

Setelah men-download file pendukung instalasi ke perangkat, sekarang Anda dapat melanjutkan pada proses instalasi KitKat Launcher. Pada saat proses instalasi, Anda akan menerima pesan pop-up yang menyatakan bahwa Anda akan mengganti sistem aplikasi pada perangkat. Lalu, klik OK untuk melanjutkan.

Secara otomatis, perangkat akan langsung menginstal Google Play Services 4.0 tanpa melalui proses me-restart sistem perangkat. Setelah itu, dilanjutkan pada proses menginstal Google Search dan Home Google.

Hal ini telah diuji dan berhasil bekerja pada sebagian besar sistem perangkat 4.1 ke atas.

Sebaiknya untuk sistem perangkat 4.1 ke bawah agar tidak menginstal sistem launcher android KitKat ini demi keamanan perangkat ponsel Anda.

Yang harus Anda ketahui bahwa selalu ada risiko ketika mengubah file sistem suatu perangkat ponsel, dan saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang mungkin (mungkin tidak) terjadi.

#4: Pilih Launcher Terbaru Anda

Setelah proses instalasi yang tepat, maka Anda akan harus memilih Google Launcher dengan memilih icon Home di layar ponsel Anda. Setelah memilih Google Launcher, Anda akan dikirim ke layar awal yang sudah siap menyambut Anda dengan penuh kehangatan serta mengucapkan “Welcome! Make your self at home.”

image source: gs3.wonderhowto.com

Tampilan Home Launcher Terbaru

KitKat telah memperkenalkan sebuah peluncuran dengan pembaruan layar awal yang telah didesain ulang sekaligus terlihat ramping. Hal ini dimaksudkan agar membuat user lebih mudah untuk mengatur aplikasi pada layar awal terlihat menjadi rapi.

image source: gs3.wonderhowto.com

Laci aplikasi di dalam perangkat masih mempertahankan semua aplikasi Anda yang terlihat sama seperti sebelumnya. Dan pada ikon laci aplikasi masih terlihat hampir sama seperti sebelumnya, hanya saja tampak lebih kecil dan terletak di tengah-tengah bagian bawah layar sekarang.

image source: gs3.wonderhowto.com

Jika Anda memiliki tablet Nexus 7 atau perangkat Nexus lain, tampilannya hampir sama persis dengan tampilan baru pada perangkat ponsel Samsung Galaxy S3 Anda. -Beneran loh, gak bohong :D-

Tampilan Google Hangouts di Samsung Galaxy S3

Google menyediakan program chat pada homepage baru dari sistem OS KitKat. Anda akan melihat Google Hangouts tepat di sebelah ikon laci aplikasi. Jika Anda terhubung ke akun Google Anda, secara otomatis akan tersinkronisasi ke perangkat ponsel dan Anda akan menemukan tampiloan chatting terbaru dari Gmail maupun teman-teman Google+ Anda.

image source: gs3.wonderhowto.com

Kini, Anda dapat memulai panggilan video di ponsel Samsung Galaxy S3 atau melanjutkan chat yang sebelumnya Anda lakukan pada komputer/PC.

Tampilan terbaru Google Search yang lebih praktis

Perubahan tampilan aplikasi juga dirasakan pada pencarian Google dalam perangkat. Dalam sistem operasi sebelumnya, Anda harus menekan mikrofon dulu untuk mengakses opsi pencarian suara. Kini, setelah menggunakan OS Android 4.4 KitKat, Anda cukup mengatakan “Ok Google,” lalu langsung mengaktifkan hands-free pencarian secara otomatis.

image source: gs3.wonderhowto.com

Fitur ini hampir mirip dengan Moto X’s Active Listening, hanya saja fitur tersebut dapat bekerja ketika layar terbuka untuk homepage.

Pengaturan menu Google Launcher

Pengaturan menu Google Launcher dapat diakses di homepage perangkat dengan menekan tombol Menu. Dalam tampilan menu kecil, Anda dapat memilih dan melihat widget, menyesuaikan wallpaper, dan mengakses pengaturan Google Launcher di perangkat Anda.

Kini, Android 4.4 KitKat memulai dengan tampilan baru set fitur yang telah ditingkatkan. Pastikan bahwa Anda menjadi salah satu orang pertama yang mencoba kelebihan dan keunggulan dalam OS KitKat ini!

Saya ingin Anda tahu berdasarkan faktanya bahwa Samsung Galaxy S3 mungkin tidak akan bisa menerapkan OS Android KitKat selama bertahun-tahun tanpa inovasi dari developer yang menciptakan inovasi cemerlang ini.

Dengan usaha dan kerja keras para developer yang mengembangkan fitur ini memang tidak sia-sia, karena sekarang OS Android 4.4 KitKat sudah bisa diterapkan atau diinstal pada perangkat Samsung Galaxy S Series.

***

Demikian informasi singkat dari saya yang membahas mengenai cara menginstal Android 4.4 KitKat home launcher pada Samsung Galaxy S3. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi semuanya. Terima kasih 🙂

  • cara mengganti launcher oppo
  • cara mengganti launcher di oppo
  • cara mengganti launcher oppo a39
  • Cara mengaktifkan led samsung j2
Advertisement
Menginstal Android 4.4 KitKat Home Launcher Pada Samsung Galaxy S3 | admin | 4.5