6 Tips Menangani Masalah Ponsel Android Yang Cepat Panas

Advertisement

Permasalahan yang satu ini mulai hangat dibicarakan bagi kaum androiders, yaitu masalah ponsel pintar android yang mereka miliki sangat cepat mengalami “kepanasan” saat digunakan dalam jangka waktu tertentu yang lama. Ini memang menjadi masalah serius jika tidak diantisipasi sejak awal. Namun, ini juga merupakan salah satu kekurangan dari sistem android smartphone yang kurang mendapat perhatian dan pertimbangan dari developer android system sendiri.

Saat ini, pepatah baru pun mulai bermunculan ketika android sedang naik daun dan melenggang bak penari latar di dunia gadget. Pepatah tersebut misalnya “di mana ada android, di situ ada panas membahana”, hehehe 😀 .. Memang benar bahwa ketika membicarakan tentang seputar android, pasti tidak lepas dari membicarakan smartphone android yang dimilikinya secara cepat mengalami kepanasan yang cukup tinggi, seperti seseorang yang mengalami demam, tipes, dan muntaber #apasih .. hahaha 😀

Salah satu penyebab dari pemanasan smartphone android secara cepat itu disebabkan karena fitur, kinerja, dan peformanya yang bekerja hampir menyamai peforma PC atau laptop. Memang dari segi bentuk sih memang kecil seperti halnya dengan fungsi telepon, namun di situlah letak salah satu titik permasalahan penyebab ponsel android kamu cepat panas.

Perbedaan smartphone android dengan PC cuma terletak pada sistem pendingin atau sejenisnya, karena smartphone tidak memiliki sistem yang sama dengan sistem yang dimiliki PC. Jadi, sudah sewajarnya dan harap dimaklumi jika ponsel Android kamu terkesan cepat mengalami panas alias demam. Dari situ juga terlihat jelas perbandingan yang membedakan antara ponsel biasa dengan ponsel berbasis android.

Meskipun ponsel android pada dasarnya “cepat panas”, namun panas yang dihasilkan pada suatu gadget android sebenarnya memiliki batas-batas yang masih terbilang wajar dan user juga secara tak langsung dituntut untuk mendeteksi hal itu.

Jika user kurang memperhatikan batasan panas yang dihasilkan sebuah gadget, maka bisa jadi ketika suatu gadget menghasilkan panas di luar batas kewajaran akan mengakibatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menimbulkan suatu “ledakan” atau hal-hal lainnya.

Dari hal itulah, pentingnya bagi user smartphone android untuk mencari tahu seluk-beluk, sebab-akibat dari panas yang dihasilkan suatu gadget, serta menemukan solusi atas masalah tersebut.

Kali ini, saya akan menyampaikan informasi terkait masalah ini. Berikut 6 tips dan trik menangani ponsel android yang cepat panas.

#1: Bersihkan tumpukan debu yang bersemayam di dalam smartphone android kamu

  • Pengaruh utama ponsel android menjadi cepat panas yaitu dikarenakan oleh penumpukan debu yang ada di dalam ponsel android. Akibatnya, suhu panas yang mestinya dikeluarkan menjadi terhambat oleh debu yang menumpuk tersebut.

    Kinerja sistem android dalam mengatur suhu suatu gadget memang sangat mempengaruhi ketahanan ponsel dalam penggunaan jangka panjang. Hampir semua smartphone android dirancang khusus untuk mengatur sekaligus menetralisir suhu ponsel dengan dibuatnya beberapa lubang kecil demi kelancaran sirkulasi suhu yang keluar-masuk. Ketika lubang-lubang kecil yang fungsinya mensirkulasi suhu ponsel tertutupi tumpukan debu, maka wajar saja ponsel android kamu cepat memanas.

    Nah, tips menangani masalah ponsel android yang cepat panas yang disebabkan oleh tumpukan debu tersebut ialah membersihkan tumpukan debu tersebut yang bersemayam di ponsel android kamu, dan bersihkan pula tempat untuk menyimpan ponsel android kamu, seperti saku, tas, atau lainnya. Untuk perlindungan optimal dari tumpukan debu di ponsel ialah sebaiknya memasang cover pelindung berbahan anti debu. Dengan begitu akan meminimalisir bahkan mencegah tumpukan debu pada ponsel kamu.

#2: Penggunaan ponsel android sebaiknya di tempat yang sejuk (jauh dari sinar matahari secara langsung)

  • Penyebab yang kedua yaitu ketika penggunaan ponsel di bawah sinar matahari secara langsung. Banyak sekali para user android mangabaikan situasi ini, di mana mereka asyik menggunakan smartphone androidnya pada saat menelpon seseorang di jam istirahat kerja atau pun di jam pulang kerja. Tanpa mereka sadari, itu menjadi salah satu penyebab ponsel android mereka cepat panas.

    Memang besar sekali pengaruh sinar matahari secara langsung pada ponsel android, yang berakibat pada kurangnya sistem sirkulasi suhu di dalam ponsel android. Ditambah lagi dengan menelpon, itu akan mempercepat 2 kali lipat penyebab panasnya ponsel android.

    Maka dari itu, gunakan ponsel android kamu di tempat yang sekiranya sejuk dan jauh dari sinar matahari secara langsung. Gunakan selalu smartphone kamu pada tempat yang kondusif, suhu lingkungan sekitar yang normal bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menangani ponsel Android cepat panas.

#3: Peforma ponsel yang melebihi batas

  • Smartphone android bisa juga diibaratkan seperti halnya manusia, jika dipaksakan kinerjanya yang melebihi batas kemampuannya, pasti tenaga yang dikeluarkan pun semakin besar dengan memaksakan diri untuk kerja keras dalam mengoperasikan beberapa aplikasi pada ponsel.

    Di sisi lain, besarnya tenaga yang dihasilkan pasti akan membuat tubuh menjadi panas bahkan merasa kelelahan. Sama halnya dengan smartphone android, dengan kecepatan operasi yang dihasilkan CPU melebihi batas kemampuannya akan membuat tubuh ponsel tersebut menjadi panas dan kelelahan.

    Hal itu sebaiknya dihindari untuk kesehatan sistem ponsel android kamu. Berusaha mengerti seperti memperlakukan ponsel android kamu selayaknya manusia biasa. Jika spesifikasi gadget kamu standar atau bisa dibilang “agak lemot”, jangan paksakan gadget kamu untuk mengoperasikannya.

    Selain itu, hindari mengoperasikan/menjalankan aplikasi berat, seperti game HD, GPS, streaming, atau lainnya yang melebihi batasan CPU dan RAM ponsel Android kamu.

#4: Lemahnya jaringan/sinyal yang ditangkap oleh ponsel Android

  • Ketika anda melakukan perjalanan ke suatu daerah yang bisa dibilang “agak terpencil” mungkin ke kampung halaman atau melakukan petualangan bersama teman, masalah yang satu ini sangat sering terjadi dan banyak dialami oleh para semua user berjenis ponsel apapun, terutama ponsel Android.

    Ketika posisi anda jauh dari keramaian kota metropolitan, ponsel Android sedang bekerja keras secara terus-menerus untuk menangkap dan menampung sinyal yang tersedia walaupun intensitas ketersediannya sangat lemah.

    Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab ponsel Android kamu cepat panas. Maka dari itu, solusinya adalah matikan sinyal internet pada ponsel jika memang minim sekali jaringan/sinyal yang terdeteksi. Solusi lain yang lebih baik adalah dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponsel Android kamu.

#5: Tutup aplikasi yang masih aktif dengan multitasking

  • Kebiasaan membiarkan aplikasi terus terbuka dan aktif tanpa ditutup secara langsung memang sering dilakukan bagi pengguna smartphone Android. Berbagai alasan yang diutarakan terkait kebiasaan buruk ini, seperti kelupaan, sedang buru-buru, males, dan lain sebagainya.

    Padahal, aplikasi yang masih aktif berjalan (Active Background Application) di sistem smartphone Android kamu bisa menjadi penyebab ponsel Android cepat panas.

    Solusinya adalah tutup semua aplikasi ketika sudah selesai dipakai. Atau kamu juga bisa menutup semua aplikasi yang masih aktif dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM yang tersedia di PlayStore tanpa harus capek menutupnya satu per satu.

#6: Baterai yang rusak atau ‘soak’

  • Penyebab ponsel android cepat panas yang lain adalah kondisi baterai yang sudah ‘soak’ atau sudah tidak layak untuk digunakan. Jika kondisi baterai tidak layak pakai masih digunakan, nantinya akan mengganggu kinerja sistem dan operasi sistem hardware akan menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, dengan mengecek optimalisasi kinerja baterai bisa menjadi salah satu cara menangani ponsel Android cepat panas.

    Dari masalah ini, mulailah peranan penting aksesoris perangkat ketika kamu ingin mengganti baterai dengan yang baru. Pastikan kamu membeli baterai original (hindari produk KW). Dengan begitu, kamu sudah berupaya menyelamatkan nyawa gadget kesayanganmu dari kerusakan yang lebih parah nantinya.

*****

Well, demikian penjelasan informasi saya mengenai 6 Tips Menangani Masalah Ponsel Android Yang Cepat Panas. Semoga tips yang telah sampaikan ini dapat bermanfaat bagi pengguna ponsel android lainnya. Sekian dan terima kasih 🙂

sumber gambar: http://idgadgeter.blogspot.com
  • samsung J2 prime cepat panas
  • oppo a39 cepat panas
  • j2 prime cepat panas
  • hp acer z520 sering mati
  • perangkat terlalu panas
  • masalah acer z500
  • oppo a39 gampang panas
  • kenapa j 2 prime cepat panas
Advertisement
6 Tips Menangani Masalah Ponsel Android Yang Cepat Panas | admin | 4.5